Pages

KKP Kerjasama dengan BUMN dan Swasta Kelola Pulau Kecil

Kementerian Kelautan dan Perikanan menggandeng Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan swasta dalam mengelola pulau-pulau kecil melalui Program Corporate Social Responsibility (CSR) atau Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL). Program adopsi pulau ini bertujuan mendorong pergerakan perekonomian lokal.

Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad mengatakan dalam upaya mendukung program tersebut, KKP telah melakukan kerjasama dengan beberapa perusahaan swasta, seperti Conoco Philips Indonesia Inc Ltd, Premier Oil Natuna Sea BV, Star Energy (Kakap) Ltd, PT International Nickel Indonesia Tbk dan Medco Energy. “Beberapa perusahan tersebut telah menunjukkan komitmennya untuk memberikan kontribusi terhadap kegiatan pemberdayaan masyarakat kelautan dan perikanan,” ujar Fadel Muhammad pada acara Forum “Program Adopsi Pulau” di Jakarta, Rabu (19/1).

Fadel menambahkan KKP telah menawarkan 20 pulau kecil yang potensial untuk Program Adopsi tersebut di antaranya Pulau Lepar, Enggano, Kemujan, Maradapan, Maratua, Sebatik, Siantar, Gilik Belek, Pasaran, Dullah, Koloray, Alor, Mansuar, Battoa, Selayar, Samatellu Pedda, Lingayan, Manado Tua, Gangga dan Mentehage.

Salah satu langkah pengembangan usaha di pulau-pulau kecil adalah pembangunan yang bersumber dari dana CSR. Setidaknya terdapat lima aspek dalam CSR, yaitu dimensi sosial, ekonomi, lingkungan, fokus pada pemangku kepentingan dan bersifat voluntary.

Dijelaskan, kegiatan ini diawali dengan pembangunan masyarakat melalui pengembangan aspek sosialnya, tanpa harus menuntut profit dan pengembalian dana yang diinvestasikan.

KKP menawarkan menu kegiatan yang dapat dikembangkan perusahaan atau BUMN meliputi rehabilitasi ekosistem pulau-pulau kecil, pembangunan sarana dan prasarana yang mendukung usaha masyarakat, penguatan permodalan Lembaga Keuangan Mikro (LKM), pengembangan usaha mikro di wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil, pengembangan mata pencaharian alternatif yang memanfaatkan potensi SDA pesisir dan pulau-pulau kecil setempat.

Sumber: sinartani

0 komentar:

Posting Komentar


free web counters