Pages

Warga Balikpapan Beralih ke Rumput Laut

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Rumput laut semakin banyak dibudidayakan di pesisir pantai Balikpapan. Tiga tahun terakhir, banyak warga beralih ke budidaya tanaman ini karena menganggap rumput laut cukup mudah dikembangkan, dirawat, dan dijual. Semua produksi mereka, hamper pasti akan dibeli.

Kepala Seksi Produksi Perikanan Dinas Pertanian Balikpapan Tony Riadinata mengatakan, rumput laut mulai dibudidayakan di pantai tahun 2007. Awalnya langsung terdata 148 pembudidaya. Tahun 2008 dan 2009 sempat turun menjadi 96 orang, lantas tahun 2010 naik menjadi 140 orang.

"Teknik budidaya semakin dipahami membuat komoditas ini berkembang. Bahkan, produksi basah rumput laut tahun 2010 sebanyak 4.925 ton, meningkat 16 kali lipat dari tahun sebelumnya yakni 300 ton. Artinya, rumput laut sangat prospektif," ujar Tony, Kamis (17/2/2011).

Sentra pengembangan rumput laut terbanyak di Balikpapan Timur, yakni Pantai Manggar, Manggar Baru, Lemaru, dan Teritip. Hasil produksi mereka dijual dalam bentuk kering ke para pengepul yang lantas mendistribusikan ke sejumlah kota seperti Makassar atau Surabaya. Berat kering rumput laut seperdelapan atau sepersepuluh berat basahnya.

Tinggih (50) memulai budidaya rumput laut di Manggar sejak tahun 2008. Merasa sebagai petani jagung di Jeneponto, Sulawesi selatan tak menguntungkan, ia hijrah ke Balikpapan tahun 2007. Awalnya ia pun melanjutkan bertanam jagung, tapi ia lantas tertarik rumput laut.

"Di kampung saya, ada yang budidaya. Sehingga ketika saya datang ke manggar dan ada peluang budidaya rumput laut, mengapa tidak saya coba? Saya cukup paham teknik budidayanya," begitu katanya, yang ditemui saat menjemur rumput lautnya yang baru saja dipanen.

Nurdin (30), yang awalnya supir angkot, juga akhirnya menggeluti usaha ini. Pendapatan jadi sopir, tidak tentu. Beda dengan rumput laut. Berapa pun produksi, sudah ada pengepul yang mau membeli. "Budidaya rumput laut cukup mudah, asal rajin mengecek dan membersihkan sampah yang menempel di tanaman," kata Nurdin.

Harga rumput laut basah yang bagus kualitasnya Rp 9.000 per kg. Tinggih misalnya, mengaku sekali panen bisa mendapat 3 ton rumput laut basah. LUmayan untuk memenuhi kebutuhan, walau bel um bisa dikatakan lebih. Untuk panen hingga mengeringkan, saya dibantu 10 orang, paparnya sembari mengatakan.

0 komentar:

Posting Komentar


free web counters